BROTOWALI Tinospora crispa (L.) Miers

Sabtu, 05 Juni 2010

Famili : Menispermae
Nama daerah :
  • Sunda : Andawali
  • Bali : Antawali
  • Jawa Tgh : Bratawali
  • Putrawali 
  • Daun gadel.
Asing : Bitter Grape
Cina : Shen jin teng

Sifat Kimiawi : Kaya kandungan kimia a.l.  Alkaloid, damar lunak, pati, glikosida, pikroretosid, harsa, zat pahit pikroretin, berberin, Palmatin, kolumbin (akar), kokulin (pikrotoksin).

Uraian Tanaman: Tumbuh liar di hutan, ladang atau ditanam di halaman dekat pagar. Biasa ditanam sebagai tumbuhan obat. Menyukai tempat panas, termasuk perdu, me­manjat, tinggi batang sampai 2,5 m. Batang sebesar jari kelingking, berbintil-bintil rapat, rasanya pahit. Daun tunggal, bertangkai, bentuk seperti jantung atau agak bundar telur ber­ujung lancip, panjang 7- 12 cm, lebar 5 - 10 cm. Bunga kecil, warna hijau muda, berbentuk tandan semu. Diperbanyak dengan stek.

Cara Budidaya: Perbanyakan tanaman dengan menggunakan stek. Pemeliharaan mudah, perlu cukup air dg cara penyiraman yg cukup, menjaga kelembaban dan pemupukan.

Efek Farmakologis: Tumbuhan ini bersifat Analgetik yaitu bersifat menghilangkan sakit. Antipiretik yaitu penurun panas. Melancarkan meridian. Memiliki rasa pahit dan sifat sejuk.

Bagian Tanaman yang Digunakan: Batang (kulit batang) dan Daun

Brotowali Dapat Menyembuhkan:
>>>REMATIK<<<
Satu jari batang brotowali di cuci dan di potong‑potong seperluya, di rebus dengan 3 gelas air mcnjadi 1.5 gelas. Setelah dingin di saring, tambah madu secukupmya diminum. Sehari 3 kali ½ gelas.

>>>DEMAM<<<
Dua jari batang brotowali di rebus dengan 2 gelas air sampai menjadi satu gelas. Setelah dingin di minum dengan madu secukupnya. Sehari 2 kali ½ gelas.

>>>KUDIS<<<
Tiga jari batang brotowali, belerang sebesar kemiri. Di cuci dan di tumbuk halus, di remas dengan minyak kelapa seperlunya. Dipakai untuk melumas kulit yang terserang kudis. Sehari 2 kali.

>>>LUKA<<<
Daun brotowali ditumbuk. Tempelkan, diganti 2 x per hari. Cuci luka dengan air rebusan batang.

>>>KENCING MANIS<<<
1/3 genggam daun sambiloto, 1/3 genggam daun kumis kucing, 6 cm batang brotowali dicuci dan dipotong‑potong, direbus dengan 3 gelas air sampai menjadi 2 gelas. Diminum setelah makan, sehari 2 kali 1 gelas.

>>>GATAL PADA BADAN<<<
Mandi dengan air rebusan sejengkal batang bratawali.

>>>DEMAM KUNING<<<
Satu jari batang brotowali di cuci dan dipotong ‑ potong, di rebus dengan 3 gelas air mejadi 1,5 gelas. Diminum dengan madu secukupnya. Sehari 2 kali ½ gelas.

Bookmark and Share

0 komentar: